BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Bersamaan Dengan Peringatan Hari Pahlawan, Jadikan LDKS Angkat Tradisi Dan Budaya Kehidupan Siswa SMK KAL -1

Surabaya, ( 10/11) | Upacara Peringatan Hari Pahlawan  Ke- 78  Tahun 2023 bagi Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL -1 Surabaya berlangsung di halaman sekolah (10/11/23) yang di ikuti oleh 652 siswa dari 5 jurusan TPM, TKR, TITL,TAV dan T. Logistik serta guru dan karyawan dengan Inspektur upacara Kasatdik SMK KAL -1 Munawar, S.Pd., M.Pd.

Peringatan Hari Pahlawan tersebut di peringati secara sederhana namun hikmat  dengan komandan upacara Riski kelas XI TITL B, pengibar bendera Rafa XI TKR B, Nuri XI TAV dan Fadhil XI TITL, pembaca pembukaan UUD 1945 Daffa XI TPM A, Protokol Dinda XI TPM A dan pembaca doa Alfitri XI  T.Logistik.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd , hari pahlawan 2023 kali ini  mengusung tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Tema ini tentunya dari sebuah renungan guna menjawab  ancaman penjajahan modern yang kian nyata, mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya  alam yang luar biasa  seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah , kandungan bumi yang menyimpan  beragam mineral.

Menurutnya inilah yang menjadi tantangan yang sesungguhnya  bagi generasi penerus untuk mengelola  kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

Lebih jauh ,Menteri ungkapkan bahwa Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti yang telah dicontohkan  oleh para pejuang 10 Nopember 1945.

Usai Peringatan Hari  Pahlawan, Kasatdik  SMK KAL-1 membuka  Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS )  bagi siswa kelas X seluruh jurusan dengan di ikuti oleh 214 siswa putra dan 11 siswa putri  pada Tahun Pelajaran  2023/2024 serta pendamping Osis dan ekskul 30 siswa dan pendamping guru 32 sehingga jumlah keseluruhan 287 personil. Kemudian seluruh peserta bergerak menuju tempat berlangsungnya LDKS di Klurak Edu Park Pacet Mojokerto dan akan berlangsung hingga Sabtu ( 11 November 2023).

Upacara pembukaan LDKS  dilaksanakan  dihalaman sekolah , Kasatdik  menyematkan tanda peserta LDKS kepada 2 perwakilan siswa, dan menurut rencana penutupannya akan di laksanakan di sekolah pada Sabtu sore,(11/11/23)  setelah menyelesaikan seluruh program yang dilaksanakan di Klurak Edu Park Pacet Mojokerto dengan mengambil tema. " Sebagai Penguatan Soft Skill & Mental Disiplin Pelajar Pancasila SMK KAL-1 Surabaya".

Tujuan LDKS SMK KAL-1 kali ini sebagai mana di sampaikan dalam sambutannya oleh Kasatdik Munawar, S.Pd., M.Pd adalah untuk mensosialisasikan tradisi dan budaya kehidupan di SMK KAl-1  yang memeng tidak sama dengan sekolah-sekolah lainnya, adanya  kedisiplinan yang di bentuk , pengenalan tradisi kehidupan di TNI AL karena kehidupan SMK KAL-1 tidak lepas lingkungan TNI AL, apa lagi domisili sekolah yang berada di dalam lingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (KODIKLATAL).

Setibanya di Klurak , peserta langsung di gembleng  oleh pengasuh /guru dan  binsis dengan program orientasi, pengenalan visi dan misi sekolah, sementara itu Kasatdik SMK KAL-1 dalam sesi materi 3 yang dilaksanakan setelah sholat Isak, menyampaikan beberapa keberhasilan para siswa pendahulunya yang perlu di contoh dalam kehidupan di lingkungan sekolah sehingga tradisi seniornya tersebut membawa kesuksesan dalam meraih masa depan. Tidak ketinggalan 3 wakil kepala sekolah ( Waka Kesiswaan Ria Banowati, ST, Waka Kurikulum  Moch Ismail, SE dan Waka Sarpras Karno Setyo Budi, S.Pd., M.M., M.Pd juga menyampaikan  program yang ada di SMK KAL-1 sehingga menjadi harapan  bagi siswa setelah kelak lulus sekolah.

Materi lainnya yang tidak kalah pentingnya juga di sampaikan berupa tata tertib pelaksanaan LDKS,  PBB, problim solving, sholat jamaah,  penyusunan proker  OSIS  periode 2023/2024, simulasi  publik speaking, unjuk kreasi,  sumpah  janji setia organisasi, olah raga , jelajah pagi dan  outbond yang kesemuanya dikemas oleh Imam Wahyudi.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar