BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Dengan Jalan Kaki Siswa SD Hang Tuah 3 Adakan Kunjungan Ke Museum TNI AL

Surabaya, (01/12) | 280 siswa SD Hang Tuah 3  Ujung Surabaya  Kamis,(30/11/23) melaksanakan kunjungan  ke Museum Pusat  TNI Angkatan Laut  ( Mupusal ) di Jalan Hang Tuah No.1 Ujung  Surabaya, Di tempat ini seluruh siswa dapat  mengaplikasikan pengetahuan  yang didapat di bangku sekolah.

Untuk menuju ke Musium  TNI AL ini , Kasatdik SD Hang Tuah 3  Sapto Hari Utomo, S.Pd bersama 280 siswa kelas 1 hingga kelas 6 dan  24 guru dan karyawan pendamping dengan jalan kaki menuju Musium TNI AL yang berjarak kurang lebih 1 km dari sekolahnya.

Sesampainya di Musium TNI AL yang berada di Jalan Hang Tuah No.1 Ujung Surabaya, kebetulan sedang berlangsung Pencanangan Program Wisata TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan secara Video Conference (Vicon) tersambung secara langsung oleh Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, dari Gedung O.B. Syaaf Mako Koarmada RI, Jalan Gunung Sahari No.67, Jakarta Pusat. Sedangkan untuk Koarmada II bertempat di Museum TNI Angkatan Laut, Ujung Surabaya yang di hadiri oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla.

Secara terpisah Kepala Museum Pusat TNI Angkatan Laut (Muspusal) Letkol Laut (KH) Drs. I Putu Sara Partama, M.A.P kepada awak media menyampaikan bahwa  di dalam musium TNI AL ini terdapat  tiga bangunan pokok , Gedung Haritage, Teater dan Bangunan replika Kapal Perang RI kelas R.E Martadinata.

Gedung Haritage berisi menggambarkan ciri khas/ tradisi TNI AL, sejarah kejayaan maritim, sejarah kejayaan  Sriwijaya dan Majapahit, sejarah perjuangan bangsa, sejarah perjuangan TNI AL,  Operasi -operasi TNI AL , Immersive  Cinema, Kekuatan SSAT, Galeri Jalasenastri yang dilengkapi dengan perpustakaan dan di dalam musium ini terdapat  520 koleksi benda bersejarah.

Dengan adanya Musium TNI AL ini masyarakat , generasi  penerus bangsa bisa mengetahui dan memahami tentang sejarah TNI AL , nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sehingga ketika memahami  tentang sejarah  perjalanan bangsa , tidak ada keragu-raguan  bahwa  " NKRI  itu Harga mati"

Kesan yang di dapat dari siswa SD Hang Tuah 3 setelah  melihat dari dekat Musium TNI AL,  rata-rata mereka sangat kagum dengan adanya benda-benda bersejarah yang bisa di rangkum  dan di desain begitu indah untuk di nikmati, apalagi bagi siswa SD bisa menikmati film yang di putar di ruang Cinema, mereka sangat senang sekali.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar