BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Libatkan KRI Teluk Calang 524, Praktik Kemaritiman SMA Hang Tuah 1 Jakarta Menuju Pulau Untung Jawa

Jakarta, (29/02) | Praktik Kemaritiman adalah sebuah gagasan yang di wujudkan dalam pelayaran siswa SMA Hang Tuah 1 Jakarta dengan KRI Teluk Calang 524 yang bertolak dari dermaga Kolinlamil menuju Pulau Untung Jawa,(28/02/24) dan akan berakhir sore ini (29/02/24).

Komandan KRI Teluk Calang  Letkol Laut (P) Yanuar Rizky Wijaya membawa siswa  SMA Hang Tuah 1  Jakarta yang terdiri dari  273 siswa kelas X, 232 siswa kelas XI  ,  56 guru pendamping   , Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah dan Pengurus Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah serta pendukung lainnya sehingga jumlah total yang mengikuti pelayaran berjumlah 700 peserta. Lepas dari dermaga menuju Pulau Untuk Jawa dengan jarak kurang lebih 22 mil laut dengan waktu 2 jam, kemudian kapal Lego mendekat dengan pulau 800 yard.

Kasatdik SMA Hang Tuah 1 Jakarta  Drs. Hamidi, S.Sos, M.Ikom  selaku penanggung jawab kegiatan bersama Ketua Panitia Fauzan Hamzah, S. Psi  memberikan klarifikasi kepada awak media bahwa Praktik Kemaritiman yang dikemas dalam Pelayaran dengan KRI Teluk Calang 524 memiliki maksud dan tujuan memotivasi siswa agar memiliki jiwa kemaritiman  dan nasionalis yang tinggi serta mengajak siswa lebih mencintai dunia kelautan. Karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan dengan kandungan kekayaan didalamnya yang hingga kini belum tergarap secara optimal.

Sementara itu Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Fera Muhammad Ali dalam sambutannya yang di bacakan oleh Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny. Ketty Erwin S. Aldedharma sesaat sebelum keberangkatannya menuju Pulau Untung  Jawa mengatakan bahwa  melalui "Praktik Kemaritiman"  ini siswa dapat mengaplikasikan secara langsung materi yang telah didapat dikelas sehingga siswa memiliki pengalaman berlayar dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI Angkatan Laut. “Saya ucapkan terima kasih kepada Panglima Kolinlamil dan jajarannya yang telah membantu terlaksananya acara ini dan untuk anak-anakku selamat melaksanakan kegiatan kemaritiman di KRI Teluk Calang-524, jaga keselamatan dengan mengikuti aturan-aturan di dalam KRI serta jaga kesehatan selama mengikuti pelayaran ini.” tuturnya. Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah, Ny. Ketty Erwin S. Aldedharma dalam kesempatan ini menyehatkan tanda peserta " Praktik Kemaritiman" kepada perwakilan peserta.

Sementara itu Ketua Umum Yayasan Hang Tuah  Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P      yang turut dalam pelayaran  ini  secara umum menyampaikan bahwa melalui Praktik Kemaritiman ini siswa diharapkan dapat mengenal laut, karena wilayah Negara Republik Indonesia 2/3 adalah lautan  yang sangat mengandung kekayaan yang melimpah dan belum di manfaatkan sepenuhnya. Untuk itulah kelak para siswa alumni Satuan Pendidikan dari Yayasan Hang Tuah yang sudah mendapatkan matapelajaran kebaharian dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK pada saatnya kelak menjadi pemangku kebijakan tertinggi / Pemimpin agar kebijakannya  berkiblat ke laut  yang sarat dengan kekayaan alamnya.

Lain halnya dengan Komandan KRI Teluk Calang 524 Letkol Laut (P)  Yanuar Rizky Wijaya terkesan bahwa melihat para siswa peserta Praktik Kemaritiman ini  sangat bahagia dan bangga dapat berlayar dengan KRI milik TNI AL dari Kotama Kolinlamil, mereka dapat melihat dari  dekat teknologi yang ada di kapal, mereka dapat mengenal  senjata di KRI, di anjungan kapal sebagai jantung  manover kapal  ,  siswa dapat melihat peran seorang Komandan KRI  bagaimana menggerakkan kapal. Juga melihat kehidupan sehari-hari di KRI, mulai dari bangun pagi, olah raga pagi, tugas keseharian , kegiatan keagamaan  seperti sholat berjamaah bagi yang muslim, kebaktian bagi yang Nasrani. Untuk itulah peran TNI AL dalam mewujudkan generasi muda yang memiliki wawasan kemaritiman melalui Praktik Kemaritiman ini dapat di agendakan secara berkelanjutan.

Panitia kegiatan Praktik Kemaritiman selama dua hari mengagendakan beberapa kegiatan berupa pemberian materi "Pengelolaan Limbah dan Pencemaran Limbah Laut " disampaikan oleh asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah Rofi Alhanif , S.Pi., M.Sc, materi "Kemaritiman " disampaikan oleh Anggota Pembina Bidang Umum Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah Laksma (Purn). Dr. Ir. Trismadi, M.Si., IPU, Sosialisasi tentang TNI AL oleh Komandan KRI Teluk Calang 524 Letkol Laut (P) Yanuar Rizky Wijaya, dalam kesempatan ini Dan KRI memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi yang telah di sampaikan dengan door prize topi KRI yang sangat menarik. Materi berikutnya  Mitigasi Bencana oleh tim dari Perwira KRI, Pengenalan Saka Bahari  dengan tema "Pembinaan Generasi Muda Bahari" oleh  Sri Wiganti, S.Pd., M.M dari Dispotmar,  semua materi tersebut wajib di ikuti oleh seluruh siswa dan kegiatan Praktik Kemaritiman  diakhiri dengan kerja bakti di KRI.

( yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar