BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Ikuti Dikbang Setara Diklapa, 41 Perwira TNI AL Jadi Siswa Dikmatra - 2 dan Dikaplikasi - 2 TA. 2024

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 11 Juni 2024 | “Dikmatra-2 dan Dikaplikasi-2 adalah Pendidikan Pengembangan (Dikbang) setara Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) yang akan dilaksanakan selama 2 bulan dan wajib diikuti oleh Perwira TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang telah mengikuti Pendidikan Lanjutan Perwira di luar TNI Angkatan Laut dan yang telah menyelesaikan pendidikan Strata-2 (S2).”

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah saat memimpin upacara pembukaan Pendidikan Matra (Dikmatra) - 2 dan Pendidikan Aplikasi (Dikaplikasi) - 2 TNI Angkatan Laut  TA. 2024, bertempat di Gedung Betelguese Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal, Bumimoro Surabaya.  Selasa (11/06/2024).

Adapun upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (P) Antonius Februar Prima Hadi yang sehari-harinya menjabat Komandan Sekolah Fungsi (Dansefung) tersebut, ditandai dengan Pernyataan Pembukaan Pendidikan dan Penyematan Tanda Siswa oleh Wadan Kodiklatal selaku Inspektur Upacara (Irup). Sedangkan, Siswa Dikmatra-2 dan Dikaplikasi-2 TA.2024 diikuti sebanyak 41 orang Perwira Pertama (Pama) TNI AL yang terdiri dari; 10 orang Pasis Dikmatra-2 dan 31 orang (5 Kowal) Pasis Dikaplikasi-2.

Dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal melalui Wadan Kodiklatal mengatakan bahwa, pendidikan ini bertujuan untuk membekali Perwira TNI AL menjadi Prajurit Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani dan profesionalisme matra laut, sehingga diharapkan mampu melaksanakan kegiatan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM), menyusun perencanaan operasi laut dan menyusun perencanaan dukungan logistik operasi laut sesuai prosedur dengan baik dan benar, serta dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan di TNI AL sebagai staf gugus tugas atau jabatan lain yang setingkat.

"Perlu dipahami bahwa, perjalanan saudara masih panjang untuk dapat mencapai puncak karier yang gemilang sebagai seorang Perwira TNI Angkatan Laut.  Karier dan masa depan saudara akan sangat ditentukan oleh profesionalisme, wawasan dan cakrawala jauh ke depan bagi terwujudnya pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang semakin matang, serta mampu mengembangkan kemampuan diri dalam kompetisi yang sehat dan dinamis", jelasnya.

Dankodiklatal mengungkapkan tidak mudah untuk dapat menjawab tantangan tugas tersebut.  Oleh karena itu, pada saat program Lattek Olah Yudha (OYU) Operasi Amfibi dan Operasi Pendaratan Administrasi nanti, para Perwira Siswa (Pasis) akan dibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan olah pikir konseptual pada tataran taktik, agar terwujud dan terbinanya sikap mental, moral dan kepribadian sebagai Perwira TNI AL yang memiliki jiwa kejuangan dan kepemimpinan yang tangguh serta menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mendukung pelaksanaan tugas.

Hadir dalam upacara pembukaan Dikmatra-2 dan Dikaplikasi-2 TA.2024 yaitu, Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito, Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Widodo, Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, Wadan Kodikdukum dan Wadan Kodikopsla serta para Pejabat di Jajaran Kodikospla Kodiklatal.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

0 Komentar