BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Wing Udara 3 Puspenerbal Diperkuat Pesud CN 235 MPA dan Heli Anti Kapal Selam Panther AS 565 Mbe

TNI AL-Dispen Puspenerbal (4/6/2024) | Wing Udara 3 Puspenerbal Biak resmi diperkuat dua unsur udara lagi, yakni Pesud CN 235 MPA P 8306 dan Heli panther AS 565 Mbe HS 1303 setalah  Komandan Puspenerbal Laksda TNI Sisyani Jaffar menandatangani berita acara serah terima alih bina unsur Pesud dari Wing Udara 2 ke Wing Udara 1 dan Wing Udara 3 di Apron 

Prosesi peresmian alih bina unsur pesud Puspenerbal dilaksanakan di Apron Lanudal Tanjungpinang, Selasa (4/6/2024).

Komandan Wing Udara 3 Kolonel Laut (P) Ahmad Novam H menghadiri langsung kegiatan Serah Terima Alih Bina pesud bersama Komandan Wing Udara 1 Tanjungpinang dan Komandan Wing Udara 2 Juanda.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dirrenbang Puspenerbal, Kafasharkan Pesud Danlanudal Tanjung Pinang, dan para tamu undangan terdiri dari perwakilan Gubernur Kepulauan Riau, perwakilan Pangkogabwilhan I, Perwakilan Danlantamal IV Batam, perwakilan Pangkoarmada I, Perwakilan Danrem 033 Wira Pratama, perwakilan Danlanudm Raja Haji Fisabililah, perwakilan Dandim 0315 ,para stakeholder bandara serta pejabat Forkopimda Tanjungpinang.

Prosesi serah terima diawali dengan sambutan dari Komandan Puspenerbal dan dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima alih bina Pesud dan prosesi pemecahan kendi ditiap-tiap unsur pesawat.

Unsur yang dialihbinakan dari Wing Udara 2 Juanda ke Wing Udara 3 Biak yaitu 1 unsur CN 235 MPA P 8306 dan 1 unsur Heli panther AS 565 Mbe HS 1303, sedangkan unsur yang dialihbinakan binakan ke Wing Udara 1 Tanjungpinang  terdiri dari 1 CN 235 MPA, 2 Heli Panther AS 565 Mbe, dan 1 Heli Bell 412 EP serta 2 unsur Pesud latih Baron G 58.

Pesud CN 235 MPA adalah Pesud yang memiliki fungsi utama sebagai pesawat patroli maritim sedangkan Helikopter Panther AS 565 Mbe berfungsi untuk peperangan Anti Kapal selam.

Alih bina Pesawat Udara ini bertujuan untuk menambah kekuatan unsur udara Wing Udara 1 dan Wing Udara 3 yang nantinya akan meningkatkan pelaksanaan operasi di wilayah kerja Wing Udara 1 dan Wing Udara 3 guna mengamankan wilayah perairan laut Indonesia.

Dengan adanya alih bina pesawad udara ini diharapkan akan mempermudah dan mempercepat kegiatan operasi yang dilaksanakan di masing-masing wilayah serta dapat menambah profesionalisme dan kemampuan bagi awak Pesud dalam mengawaki unsur pesawat yang dimiliki sehingga dapat mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam upaya penegakan keamanan dan kedaulatan di Laut khususnya di wilayah Wing Udara 3 yaitu Indonesia Timur.

Posting Komentar

0 Komentar