BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Lanal Cilacap Gelar Pameran Sejarah

LANAL CILACAP | Dalam rangka memperingati  Hari Pahlawan, Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap menggelar Pameran Sejarah yang berlangsung di Pangkalan Kapal Angkatan Laut (KAL) Serayu, Sleko Cilacap dan dihadiri oleh Kadisjarahal Laksamana Pertama TNI Dr. Haryo Poernomo, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., M.Han. Jum'at (10/11/2023).

Kegiatan ini menampilkan foto, arsip, foto lama, replika kapal dan benda - benda penemuan yang berkaitan dengan pertempuran yang terjadi di Cilacap pameran sejarah dan dipadati oleh pengunjung yang mayoritas dari siswa - siwi SD dan SMP di Wilayah Kabupaten Cilacap.

Menurut Komadan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut  (P) Bambang Subeno selain dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan pameran ini sebagai saran untuk mengumpulkan sejarah - sejarah pertempuran di Cilacap, menjadi kumpulan besar sejarah yang telah akan sangat bermanfaat untuk generasi muda di Cilacap.

Dikesempatan yang sama Kadisjarahal mengapresiasi apa yang sudah diinisiasi  oleh Lanal Cilacap. "Harapan kita juga dilaksanakan oleh satuan satuan tugas lainnya diluar Cilacap,"harapnya.

Lebih lanjut, Kenapa Cilacap menjadi objek yang kita datangi, karena kita melihat betapa besarnya sejarah yang terjadi di Cilacap salah satunya  pertempuran besar pada agresi militer pertama 28 Juni 1947 Cilacap diserang dari laut dan udara pada saat itu ALRI yang melaksanakan pertahanan pantai terdesak, Kapten Suwaji memerintahkan kepada masyarakat untuk membumi hanguskan aset - aset yang ada di Cilacap supaya tidak jatuh ketangan Belanda.

"Dan ini luar biasa kenapa, kita tidak pernah mengangkat sejarah ini, bahwa ada suatu kejadian atau peristiwa yang sangat heroik yaitu Cilacap Lautan Api," ungkap Kadisjarahal.

Menurut pandangan kami, lanjutnya, ini bisa menjadi salah satu cerita awal sejarah yang kita angkat, belum lagi sejarah - sejarah lain yang ada di Cilacap.

Kami hadir disini untuk melihat pameran sejarah yang dilaksanakan, serta melakukan riset sejarah apa saja yang berada di Cilacap.  "Kami sudah mengumpulkan data - data dengan Cilacap  history dan kami juga koneksi rekan kami dari Arsip Belanda untuk penguatan - pengutan sejarah Cilacap,"pungkasnya

Posting Komentar

0 Komentar